Beranda > Info SMPN 1 Singajaya Garut, Umum > AKSES SARANA TRANSPORTASI KE SMPN 1 SINGAJAYA GARUT RUSAK PARAH

AKSES SARANA TRANSPORTASI KE SMPN 1 SINGAJAYA GARUT RUSAK PARAH

hujan2Menanggapi dan menganalisis tulisan yang dimuat dalam website mamangfirda pada Hari Sabtu Tanggal 03 Oktober 2009 saya selaku admin SMPN 1 Singajaya sangat apresiasi dan sekaligus terinspirasi…terima kasih tulisan tersebut sekaligus menjadi salah satu “PAMUKA LAWANG” bagi kami pihak sekolah untuk mencurahkan uneg-uneg dalam web ini tentang kondisi real yang menyangkut sarana prasana di SMPN 1 Singajaya Kab. Garut wabilkhusus menyangkut permasalahan yang dirasakan cukup krusial yaitu akses jalan (sarana transportasi) menuju lokasi SMPN 1 Singajaya. Kami berharap dampak penyerta dari tulisan ini mampu menggugah nurani para pemberi policy baik di tingkat pusat maupun daerah sehingga real action dari berbagai pihak yang berwenang dapat sesegera mungkin dirasakan mengingat kondisi jalan tersebut 100% ancur memasuki musim hujan seperti ini.

Para pembaca yang budiman, berdasarkan profil sekolah, SMPN 1 Singajaya mulai berdiri pada Tahun 1965 (wah…secara usia sudah senior…nich) yang merupakan kelas jauh dari SMPN 1 Cikajang. Pada tahun 1967 Allhamdulillah berkat upaya dan usaha semua tokoh yang ada di Kec. Singajaya sudah mandiri menjadi salah satu SMP Negeri di Kab. Garut. Ironis memang, sudah 44 tahun berdiri namun sarana parasarana yang bersentuhan langsung dengan lingkungan sekitar belum juga mendapat perhatian yang serius dari pemerintah. Sampai saat ini SMPN 1 Singajaya belum dibenteng/dipagar, sehingga faktor keamanan dan kenyamanan selama PBM berlangsung sangat dirasakan kurang baik oleh guru maupun siswa. Tidak jarang barang inventaris sekolah raib entah kemana dibawa terbang oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab (baca : maling). Demikian pula penataan lingkungan yang sudah susah payah dibangun akhirnya berantakan —itu juga sama karena isengnya tangan-tangan jahil dari segelintir manusia yang tidak sempat hati nuraninya untuk mencintai dan menyayangi dunia pendidikan—-akh…akhirnya kami hanya berharap, kapan Bapak/Ibu Pejabat … SMPN 1 Singajaya akan diberi dana untuk membangun benteng/pemagaran???

Selain kondisi di atas, “YANG SANGAT MENGKHAWATIRKAN, MENGECEWAKAN  DAN MENYESAKKAN” yaitu hancur, parah,  rusak berat, bajret (apalagi ya…?) kondisi jalan yang menuju SMPN 1 Singajaya. Para pembaca yang budiman, perlu diketahui bahwa SMPN 1 Singajaya letaknya sekitar 1 km dari ibu kota kecamatan dengan topografi kemiringan jalan —kondisi tanjakan — ± 60 derajat. Kondisi jalan tersebut sangat parah yang tersisa hanyalah batu koral (Walungan sa’at), terjal dan berliku — itu kondisi musim kemarau. Memasuki musim hujan seperti sekarang ini — Astagfirullah….kondisi yang sangat parah tersebut semakin paraaaaaaaah…paraaaaaah, sehingga tidak ada sikap yang baik, arif dan bijaksana bagi semua guru dan murid untuk menuju lokasi sekolah selain berjalan kaki meskipun cucuran keringat dan pegelnya paha dapat  mengurangi semangat berlangsungnya PBM walaupun  kadar menurunnya semangat tersebut hanya 5%. Dapat dibayangkan betapa kami menderita dengan situasi dan kondisi jalan seperti itu. Lewat tulisan ini kami berharap, semoga para pejabat yang berwenang sudi untuk menyisihkan waktu membaca tulisan ini yang merupakan refleksi sejati dari hati nurani kami—mudah-mudahan tidak hanya dibaca lalu “mesem atawa seuri koneng”, tapi benar-benar memperbaiki dan membangun  kondisi sarana prasarana pendidikan yang sudah ujur agar proses pendidikan dapat berlangsung sesuai harapan di republik tercinta ini. Amiiin.

Iklan
  1. didin wahyudin
    14 Oktober 2011 pukul 14:39

    walaupun di atas gunung aku bangga pernah sekolah di sana walau hanyu satu tahun,dalam kondisi tidak pada saat ini.dulu 23 tahun lalu ,

  2. didin wahyudin
    14 Oktober 2011 pukul 14:41

    salam sukses,semua alumni smp1 singajaya ,undanlah jika ada reuni

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: