Beranda > Info BKsmanci > MODEL PEMBELAJARAN LISTENING DAN SPEAKING DENGAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMEN

MODEL PEMBELAJARAN LISTENING DAN SPEAKING DENGAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMEN

I. A. Petunjuk Umum

Sebelum mempelajari modul ini , diharapkan and telah menguasai dengan baik materi pada Model Pembelajaran Kooperatif. Bila perlu anda dapat mempelajari materi tersebut secara terperinci.

B. Petunjuk Khusus
1. Pelajari dengan seksama bahan ajar yang disajikan dalam modul mini ini.
2. Pelajari rencana pembelajarannya.
3. Lakukan simulasi dengan teman atau dengan siswa anda.
4. Persiapkan apa-apa yang dierlukan diantaranya: bahan ajar, lembar kerja siswa, kartu soal dan jawaban, lembar penilaian dsb.
5. Jawablah pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
6. Diskusikan jawaban anda dengan teman anda.

II. Tujuan Pembelajaran

A. Tujuan Pembelajaran Umum

Setelah mempelajari mini modul ini , diharapkan peserta pelatihan dapat memahami model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournamen { TGT } serta menerapkannya dalam pembelajaran Listening dan Speaking di dalam kelas.

B. Tujuan Pembelajaran Khusus

1. Peserta pelatihan dapat menjelaskan pengertian pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament.
2. Peserta pelatihan dapat menjelaskan tahap-tahap pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament.
3. Peserta pelatihan dapat membat model pembelajaran lkoo[eratif tipe Team Games Tournament.

III. Materi Pembelajaran

A. Pendahluan

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas , siswa tidak hanya belajar tatabahasa dengan berbagai aturan yang membingungkan siswa , tetapi mereka juga harus belajar keterampilan-keterampilan kooperatif untuk bekerjasama secara tim diantaranya belajar mendengar, merespon, menyetujui, memperjelas dan mengepluasi.
Pembelajaran Bahasa Ingris dilapangan pada umumnya cenderung berpusat pada satu arah yaitu pada guru sebagai sumber belajar. Model pembelajaran ini tidak mengkondisikan terjadinya interaksi antara siswa sebagai cara untuk mencapai keberhasilan secara kelompok.

B. Pengertian Pembelajaran Kooperatif

Pembelajaran kooperatif merupakan strategi belajar dimana siswa belajar dalam kelompok kecil yang memiliki tingkat kemampuan berbeda. Dalam menyelesaikan tugas kelompok, setiap anggota saling bekerjasama dan membantu memahami suatu bahan pembelajaran. Tujuan dari model pembelajaran kooperatif adalah menciptakan situasi dimana keberhasilan individu dipacu oleh kelompoknya.
Pembelajaran dengan strategi kooperatif tipe Team Games Tournament { TGT } ini telah dikembangkan oleh De Vries dan Slavin, dimana siswa dikelompokan dalam tim-tim heterogen pada pembelajaran informasi dan dalam kerja tim, sedangkan pada saat mereka maju ke meja turnamen siswa dari tiap tim yang berbeda ditempatkan dalam kelompok homogen atau setara kemampuan asalnya.

C. Tahap-tahap model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament Mempunyai 6 langkah / fase yaitu :

Fase 1

Pembelajara dimulai dengan guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa untuk belajar,

Fase 2

Guru menyajikan informasi materi pembelajaran dalam bentuk demonstrasi atau melalui bacaan.

Fase 3

Guru mengorganisikan siswa kedalam kelompok –kelompok belajar 3-6 orang / tim dengan kemampuan asalnya heterogen.

Fase 4

Guru membimbing kelompok bekerja dan belajar dalam tim.

Fase 5

Guru mengevaluasi tentang apa yang sudah dipelajari sehingga masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya.

Fase 6

Guru memberikan penghargaan secara kelompok maupun individu. Penghargaan kelompok biasanya menggunakan 3 katagori yaitu “ Tim Baik “, “ Tim Hebat “, “ Tim Super “.

Yang membedakan tipe Team Games Tournament dari tipe-tipe yang lain dalam pembelajaran kooperatif adalah adanya system penilaian dari peningkatan individu dengan mengunakan turnamen akademik, sehingga siswa bersaing sebagai wakil tim mereka dengan anggota tim lain yang setara / homogen kemampuan akademik sebelumnya.

1. Persiapan Materi dan Pembentukan tim

Materi dikemas dalam bentuk lembar kerja siswa atau berupa bahan ajar langsung demonstrasi dengan bantuan visual, kartu soal bernomor 1 – 30 untuk masing-masing kelompok turnamen, dan lembar tes formatif. Langkah-langkah pembentukan tim dengan keseimbangan tim, yaitu siswa yang telah diranking dalam lembar daftar siswa dari atas ke bawah digunakan untuk membentuk tim heterogen. Jumlah anggota ti heterogen ini 3 – 6 siswa yang terdiri dari siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah.Kemudian setelah bekerja dalam tim awal ini, bagilah siswa dengan urutan ranking yang homogen dari tiap tim ke meja-meja turnamen. Misalnya siswa-siswa yang berkemampuan awalnya tinggi dari tiap tim ditempatkan di meja turnamen ke satu, dan seterusnya. Ingat lembar rangkuman tim harus dibuat yang berisi nama-nama siswa yang berada dalam setiap tim dengan nomor-nomor meja turnamennya. Sebaiknya meja-meja turnamen di acak sehingga siswa tidak tahu bagaimana pengaturan siswa dalam meja-meja turnamen itu ditentukan.
Guru membuat jadwal aktivitas yang dijelaskan sebelum memulai model Team Games Tournament . Katakan pada siswa bahwa selama beberapa minggu, mereka akan melakukan permainan akademik dan tim yang bernilai tinngi akan menerima penghargaan. Siswa akan bekerjasama dahulu secara tim dalam kelompok awal, kemudian melakukan turnamen dalam suatu waktu, dimana satu anggota tim turnamen mempunyai kemampuan akademik yang setara, disini akan terjadi persaingan pada meja turnamen.

2. Jadwal Kegiatan

a. Pengajaran
Tujuan : Menyampaikan bahan pembelajaran
Waktu : 15 menit
• Rencana Pembelajaran, bahan informasi langsung,bahan ajarmateri dan LKS.
• Presentasi

b. Kerja Tim
Tujuan : Siswa mempelajari LKS dalam timnya
Waktu : 30 menit
Materi yang diperlukan :
• 2 lembar kerja siswa untuk tiap tim
• 2 lembar jawaban untuk tiap tim

Dalam kerja tim setiap anggota tim harus menguasai materi dan harus membantu teman satu timnya untuk menguasai materi tersebut.

Bekerja dalam satu tim mempunyai aturan –aturan khusus dan harus diumumkan kepada siswa , yaitu :

1. Siswa mempunyai tanggungjawab atas teman satu timnya dalam menguasai materi.
2. Tidak akan selesai belajar jika seluruh anggota tim ada yang belum menguasai materi. Lembar kegiatan bukan hanya untuk diisi tetapi sebagai evaluasi diri tiap anggota tim.
3. Mereka harus bertanyan pada teman satu tim dahulu sebelum bertanya pada guru pada saat kerjasama tim.
4. Sesama anggota boleh saling berbicara tetapi usahakan perlahan saja.

Guru pada sat siswa kerja tim melakukan aktivitas berkeliling dalam kelas, memberikan pujian, duduk dalam tim untuk mendengarkan, tetapi belum melakukan umpan balik.

C. Turnamen

Tujuan : Persaingan pada meja turnamen dengan peserta yang berkemampuan setara / homogen dari tiap tim.
Waktu : 30 menit

Materi yang dibutuhkan :

• Lembar tugas yang diisi salinan lembar jawaban dan lembar permainan.
• Satu pak kartu bernomor yang berkorespondensi dengan jumlah pertanyaan pada lembar permainan untuk masing-masing meja turnamen.
• Satu lembar penilaian untuk setiap peserta turnamen.

Panggil siswa sesuai urutan yang sudah dibuat guru untuk memindahkan bangku atau pergi ke meja turnamendan membagikan 1 lembar permainan,1 lembar jawaban,1 pak kartu bernomor dan 1 lembar penilaian.

Prosedur Permainan / Turnamen

• Siswa dari setiap yang setara / homogen kemampuan awalnya berkumpul pada meja turnamen, dan membagi 2 sisi yaitu sisi kanan dan kiri.
• Pada babak pertama siswa pada sisi kiri bertindak sebagai pembaca ( menocok, mengambil dan membacakan ) kartu soal dan sisi kanan menjawab.
• Setelah soal dibacakan, beri waktu 60 detik untuk berpikir.
• Siswa sisi kanan yang mendapat prioritasmenjawab mengemukakan jawabannya.
• Jika jawaban benar, maka kartu pertanyaan diambilpenjawab untuk memperhitungkandalam penilaian.
• Jika jawabannya salah, maka siswa lain pada sisi kanan boleh menantang untuk menjawabnya, dengan cara mengangkat tangan terlebih dahulu, setelah dipersilahkan oleh pembaca baru mengemukakan jawabannya.
• Jika semua siswa sisi kanan jawabanya salah, maka siswa sisi kiri yang bukan pembaca soal dapat menantang untuk menjawab, setelah dipersilahkan pembaca soal baru mengemukakan jawabannya.
• Jika pertanyaan yang bersangkutan tidak juga terjawab, maka pembaca soal mengembalikan kartu soal / pertanyaan pada paknya dan ditempatkan dibagian paling bawah.
• Pada sat pertanyaan dibacakan seluruh peserta pada meja turnamen itu harus menyiapkan jawabannya agar dapat menantang untuk menjawab.
• Setelah semua siswa pada sisi kiri menjadi pembaca dan sisi kanan menjadi penjawabdengan pengaturan searah perputaran jarum jam, maka berganti tugas pembaca jadi penjawabdan sebaliknya ( babak kedua ), begitu seterusnya sampai waktu turnamen atau pertanyaan terjawab habis.
• Ketika permainan / turnamen berakhir, para pemain mencatat kartu pertanyaan yang dimenangkannya pada lembar penilaian. Setelah kembali ke timnya lembar penilaian digabungkan dengan yang diperoleh oleh anggota tim lainnya.
• Selama turnamen berlangsung, semua peserta harus jujur dan sportif.

Aktivitas guru pada sat turnamen berlangsung, berkeliling dari meja yang satu ke meja lainnya untuk memonitor dan meyakinkan bahwa setiap siswa harus jujur dan sportif.

SKEMA PENGATURAN SISWA PADA MEJA TURNAMEN

Penjawab pembaca

Babak 1 babak 2

Pembaca penjawab

D. Penghargaan Tim

Tujuan : Menghitung nilai tim dan menyiapkan penghargaan.

Waktu : 15 menit

Menghitung nilai tim dengan memeriksa point turnamen siswa, lalu memindahkan ke dalam lembar rangkuman nilai untuk timnya
( disatukan dengan nilai rekan setimnya ). Kemudian guru membuat 3 katagori penghargaan dengan point tertentu sebagai missal 60 point diberi penghargaan “ Tim Baik “, 65 point “ Tim Hebat”, 70 “ Tim Super “.

IV. Penutup

A. Kesimpulan

Strategi kooperatif tipe Team Games Tournament memiliki keunggulan disbanding dengan tipe-tope lain.

Strategi kooperatif tipe Team Games Tournament membawa nuansa pembelajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan bagi siswa terutama keterampilan speaking.

Adanya penghargaan bagi tim dan individu, hal ini akan menimbulkan motivasi dalam kooperatif dan kompetitip.

V. Evaluasi

Jawablah pertanyaan-pertanyan dibawah ini jelas dan singkat !

1. Jelaskan pengertian model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournamen ( TGT ).
2. Sebutkan fase-fase pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament ( TGT ).
3. Buatlah rencana pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan strategi kooperatif tipe Team Games Tournamen ( TGT ).
4. Presentasikan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament ( TGT )dengan teman, dengan rencana pembelajaran yang telah dipersiapkan,diskusikan dan laporkan.

VI. Aflikasi Strategi kooperatif TGT dalam pembelajaran Bahasa Inggris

RENCANA PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Keterampilan : Listening dan Speaking

Tema : Sports

Sub tema : Kinds of Sports and Equipments

Kelas /Semester : VIII / I

Tahun Pelajaran : 2006 / 2007

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A. Kompetensi Dasar

Siswa dapat menyebutkan macam-macam olahraga serta perlengkapannya.dalam bahasa Inggris.

B. Indikator Keberhasilan

• Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang macam-macam olahraga dalam bahasa Inggris secara lisan.
• Siswa dapat menyebutkan perlengkapan olahraga dalam bahasa Inggris secara lisan.
• Siswa dapat menyebutkan jenis olahraga out door dan indoor dalam bahasa Inggris.
• Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan gambar yang diberikan.

C. Kegiatan Belajar Mengajar

Metode : Demonstrasi dan diskusi

Pendekatan : Communicative Approach

Strategi : Pembelajaran Kooperatif tipe TGT
Sarana : Bahan Ajar, LKS, Kartu soal / jawaban, Lembar evaluasi.

A. Pembukaan

1. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada siswa.
2. Apersepsi materi.
3. Memberi motivasi pada siswa tentang apa yang akan dipelajari.

B. Pengembangan ( 20 menit )

1. Guru mendemonstrasikan materi pelajaran dengan memberi contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Memonitor pemahaman siswa tentang materi yang dipelajari dengan memberi pertanyaan-pertanyaan secara lisan.
3. Mengadakan pengelompokan siswa ke dalam tim-tim yang heterogen berdasarkan kemampuan ( 3 – 6 orang / tim ).

C. Kerja dalam Tim ( 20 menit )

1. Setiap tim diberi dua lembar kegiatan / kerja dan jawabanya untuk diselesaikan dalam tim.
2. Setiap anggota tim saling membantu dan harus menguasai materi.
3. Tim dikatakan sudah selesai belajar jika semua anggota telah menguasai materi pelajaran.
4. Guru pada sat kerja tim Melakukan aktivitas berkeliling dalam kelas, memuji, duduk dalam tim untuk memonitor kerja anggota dalam timnya.

D. Turnamen ( 25 menit )

1. Memanggil siswa dari masing-masing tim yang berkemampuan setara / homogen untuk ke meja turnamen.
2. Tiap meja turnamen diberiksn satu lembar aturan permainan, satu lembar penilaian, dan satu pak kartu turnamen (kartu pertanyaan dan jawaban ).
3. Mulai melakukan turnamen dengan prosedur yang tercantum dalam lembar aturan permainan / turnamen.
4. Peserta yang dapat menjawab pertanyaan denganbenar boleh menyimpan kartu soal,dan jika jawabannya salah dapat ditantang dengan peserta lain. Jika tidak terjawab juga, maka kartu pertanyaan diletakan kembali ke paknya dan disimpan dibagian paling bawah

E. Penghargaan Tim ( 5 menit )

• Setelah selesai turnamen masing –masing peserta menghitung jumlah kartu pertanyaan yang terjawab dengan benar.
• Siswa memindahkan pertanyaan kartu soal yang didapatnya kedalam lembar penilaian untuk dilaporkan.
• Setiap anggota tim kembali ke timnya dari meja turnamen dan menghitung jumlah kartu pertanyaan yang diperolehnya secara keseluruhan oleh timnya.
• Guru memberikan penghargaan kepada setiap tim, yang paling sedikit perolehannya diberi penghargaan “ Tim baik”, yang lebih banyak “ Tim hebat” dan yang terbanyak “ Tim Super”.

D. Evaluasi ( 15 menit )

1. Jenis dan Alat Penilaian
• Lembar Penilaian Turnamen
• Tes Tertulis Bentuk Uraian

2. Pedoman Penilaian

Pedoman penilaian dan penskoran dinyatakan pada tiap soal tes formatif untuk tiap langkah kegiatan.

Jumlaj skor yang diperoleh

Nilai formatif = ____________________ x 100
Jumlah skor maksimum

3. Tindak Lanjut Hasil Evaluasi

Setiap siswa dikatakan tuntas belajar materi ini bila mencapai penguasaan 80% bagi yang kurang diberikan terapi dan remedial.

VII. Referensi

1. Widowati,Budijastuti,Dra.M.Si.,2001,Pembelajaran kooperatif,Surabaya, Universitas Negeri Surabaya.
2. GBPP Bahasa Inggris Kurikulum 1994 Jakarta Depdiknas.
3. Abdullah, dkk. Bahasa Inggris untuk SLTP Mizan Bandung.
4. Fatmi Achmad,dkk. Student’ S book English SLTP Lubuk Agung Bandung

LEMBAR KERJA SISWA

Tema Sports

These pictures tell you about kind of sports !

Complete the sentences with suitable words from the right column !

1. In lawn tennis, you need four_______ to __________ doubles. a score
2. _____ is like football. The player make___________ when
the ball enters the other team’s goal. Play
3. The more people go jogging ________, the more _________
they have. Together
courts
water polo
fun
players

Fill in the blank by some kind of sports bellow which one including to out-door and in-door sports.

Out-door sports in-door sports

________________ ________________
________________ ________________
________________ ________________
________________ ________________
________________ ________________
________________ ________________
________________ ________________
________________ ________________
________________ ________________
________________ ________________
________________ ________________
________________ ________________
________________ ________________

About these ads
  1. Dini septi
    10 Desember 2009 pukul 23:07

    That’s very great explanation. It so complete.. When we want to conduct a research about TGT especially in vocabulary, can you give me the example of the questions to measure the students’ vocabulary? I need suggestions

  2. 13 September 2010 pukul 12:34

    Terimakasih artikelx. kalo tidak keberatan mari kita saling blogroll. tq. salam kenal

  3. nur azizah
    26 Oktober 2010 pukul 07:58

    i’m satisfaid with your explanation through this modul, i want to practice in my students and i prove by my action research. i hope you allow me to take it as referensi…………
    thank you very much

  4. 21 Februari 2012 pukul 11:23

    Thank a lot! I really need it.

  5. 24 Mei 2012 pukul 19:09

    mantap PTK nya…..

  6. tini
    6 Juli 2012 pukul 19:30

    asyiik..bagus

  7. 15 Oktober 2012 pukul 07:01

    Hello there! I could have sworn I’ve been to this site before but after looking at many of the articles I realized it’s new to me.
    Anyways, I’m certainly pleased I stumbled upon it and I’ll be
    book-marking it and checking back often!
    Micki

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: